Rabu, 27 Maret 2019

Model Belajar dan Mengajar

A. Pengertian Belajar
            Menurut Oemar Hamalik, “Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman (Learning is defined as the modification or strengthening of behaviour through experiencing). Pengertian disini berarti belajar bukan hanya hasil, melainkan proses untuk merubahbperlaku seseorang kearah yang lebih baik.

B. Pengertian Mengajar
            Menurut Paul Suparno, Mengajar berarti partisipasi dengan pelajar dalam membentuk pengetahuan, membuat makna, mencari kejelasan, bersikap kritis, dan mengadakan justifikasi. Jadi, mengajar adalah suatu bentuk belajar sendiri. Jadi, mengajar bisa diartikan sebagai kegiatan penyampaian pengetahuan dari guru kepada peserta didk.

C. Model Pembelajaran
            Model pembelajaran merupakan kerangka konsep untuk melakukan sebuah pembelajaran.
            Sugiyanto (2007) mengemukakan bahwa ada banyak model pembelajaran yang dikembangkan oleh para ahli dalam usaha mengoptimalkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran tersebut antara lain terdiri dari:

1. Model Pembelajaran Kontekstual
Model pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang mendorong guru untuk menghubungkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Pembelajaran ini juga mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Pengetahuan dan keterampilan siswa diperoleh dari usaha siswa mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan baru ketika siswa belajar.

2.    Model Pembelajaran Kooperatif
Model pembelajaran kooperatif merupakan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar.

3. Model Pembelajaran Kuantum
Model pembelajaran kuantum merupakan  rakitan dari berbagai teori atau pandangan psikologi kognitif dan pemrograman neurologi yang jauh sebelumnya sudah ada.

4. Model Pembelajaran Terpadu
Model pembelajaran terpadu merupakan pembelajaran yang memungkinkan siswa baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik. Pembelajaran ini merupakan model yang mencoba memadukan beberapa pokok bahasan.

5. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning – PBL)
Model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning – PBL) merupakan pembelajaran yang mengambil psikologi kognitif sebagai dukungan teoritisnya. Fokusnya tidak banyak pada apa yang sedang dikerjakan siswa tetapi pada apa yang siswa pikirkan selama mereka mengerjakannya. Guru memfungsikan diri sebagai pembimbing dan fasilitator sehingga siswa dapat belajar untuk berfikir dan menyelesaikan masalahnya sendiri.



DAFTAR RUJUKAN

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Paul Suparno. 1997. Filsafat Kontruktisme dalam Pendidikan. Yogyakarta : Kanisius

Sugiyanto. 2007. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) : Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.

19 komentar:

  1. Menurut anda model mana yang cocok untuk kelas rendah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya semua model cocok untuk kelas rendah, tetapi disesuaikan kepada siswa yang kita hadapi.

      Hapus
  2. Menurut anda apakah model pembelajaran kuantum tersebut cocok digunakan untuk kelas rendah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok, karena model pembelajaran kuantum memadukan unsur seni dan pencapaian yang terarah, untuk segala mata pelajaran

      Hapus
  3. Menurut anda model manakah yang cocok dan efektif untuk digunakan dalam kelas menengah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok semua, tergantung bagaimana situasi siswa

      Hapus
  4. Model yang mana cocok digunakan untuk siswa kelad tinggi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Model pembelajaran terpadu, karena model menunjang siswa untuk aktif secara individu atau kelompok untuk mencoba dan menggali menemukan konsep.

      Hapus
  5. Menurut anda seberapa penting peran model pembelajaran untuk proses belajar..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat penting, karena jika model pembelajaran cocok dengan situasi murid, maka tujuan pembelajaran akan tercapai.

      Hapus
  6. Model pembelajaran yang manakah yg cocok untuk anak anak yg memiliki kebutuhan khusus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak berkebutuhan khusus yang seperti apa?

      Hapus
  7. Apa usaha Anda agar masing-masing anak di kelas dapat belajar dengan cara terbaik mereka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan cara menggunakan model pembelajaran dengan tepat

      Hapus
  8. Bagaimana Cara menerapkan model pembelajaran terpadu d sekolah dasar..skian teriamksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contohnya seperti kita menyuruh siswa untuk observasi, dengan begitu mereka akan aktif untuk mencoba dan menggali lebih dalam lagi dari pembelajaran itu

      Hapus
  9. Rumpun model belajarnya blum dibuat ya kwan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf blum saya buat kawan, akan saya perbaiki, terimakasih kritik nya.

      Hapus
  10. Di judul dituliskan Model belajar
    namun isi artikel malah membahas model pembelajaran
    jadi, apakah sama antara model belajar dengan model pembelajaran?
    karena makna belajar dan pembelajaran itu berbeda

    BalasHapus

PEMBELAJARAN EFEKTIF

A.   Perencanaan Pembelajaran yang Efektif             Secara garis besar perencanaan pengajaran mencakup kegiatan merumuskan tujuan, ap...