Rabu, 03 April 2019

PROSEDUR PEMBELAJARAN


A.    Kegiatan Pra dan Awal Pembelajaran
 Kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran sering pula disebut dengan pra-instruksional. Fungsi kegiatan tersebut utamanya adalah untuk menciptakan awal pembelajaran yang efektif yang memungkinkan siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Efisiensi waktu dalam kegiatan pendahuluan pembelajaran perlu diperhatikan, karena waktu yang tersedia untuk kegiatan tersebut relatif singkat sekitar 5 (lima) menit. Oleh karena itu, dengan waktu yang relatif singkat diharapkan guru dapat menciptakan kondisi awal pembelajaran yang baik, sehingga aktivitas-aktivitas pada awal pembelajaran tersebut dapat mendukung proses dan hasil pembelajaran siswa .
1.      Menciptakan Kondisi Awal Pembelajaran
Proses pembelajaran akan berhasil dengan baik apabila guru dapat mengkondisikan kegiatan belajar secara efektif. Kondisi belajar tersebut harus dimulai dari tahap prainstruksional (tahap pendahuluan atau awal pembelajaran). Upaya yang harus dilakukan untuk mewujudkan kondisi awal pembelajaran yang baik di antaranya:
a.       Menciptakan Sikap dan Suasana Kelas yang Menarik
b.      Mengabsen Siswa Guru mengecek kehadiran siswa.
c.       Menciptakan Kesiapan Belajar Siswa Kegiatan pembelajaran perlu didasari oleh kesiapan dan semangat belajar siswa.
d.      Menciptakan Suasana Belajar yang Demokratis Pada hakikatnya suasana belajar yang demokratis dapat dikondisikan melalui pendekatan proses belajar CBSA (Cara Belajar Siswa aktif)
2.      Melaksanakan Kegiatan Apersepsi dan atau Melaksanakan Tes Awal.
Setelah mengkondisikan kegiatan awal dalam pembelajaran, guru harus melaksanakan kegiatan apersepsi dan atau penilaian terhadap kemampuan awal (entry behaviour) siswa.
Ada beberapa cara yang dapat digunakan dalam kegiatan apersepsi di antaranya:
a. Mengajukan pertanyaan tentang bahan pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya.
b. Memberikan komentar terhadap jawaban siswa serta mengulas materi pelajaran yang akan dibahas.
c. Membangkitkan motivasi dan perhatian siswa

            Jadi, kegiatan pra awal pembelajaran ini dilakukan sebelum pembelajaran dimulai, dengan cara mengecek kesiapan belajar siswa dan membuat suasana menarik terlebih dahulu agar siswa semangat untuk mengikuti proses pembelajaran.

B. Kegiatan inti dalam Pembelajaran
            Kegiatan inti dalam pembelajaran sangat memegang peranan penting untuk mencapai tujuan pembelajaran maupun dalam membentuk kemampuan siswa yang telah ditetapkan. Kegiatan inti dalam pembelajaran sangat dipengaruhi oleh desain atau rencana pelajaran yang dibuat guru. Pada prinsipnya kegiatan inti dalam pembelajaran sebelumnya perlu didesain diidentifikasi oleh guru secara sistematis yang memungkinkan dapat dilaksanakan dalam pembelajaran tersebut.
Langkah kegiatan inti yang perlu dilakukan dalam pembelajaran secara sistematis sebagai berikut:
1.   Memberitahukan tujuan atau garis besar materi dan kemampuan yang akan dipelajari.
2.    Menyampaikan alternatif kegiatan belajar yang akan ditempuh siswa.
3.    Membahas materi/menyajikan bahan pelajaran.

Jadi, kegiatan ini berisi tentang materi pembelajaran yang disampaikan guru kepada siswa, di kegiatan inilah proses pembelajaran berlangsung.


C.    Kegiatan Akhir dan Tindak Lanjut Pembelajaran
Kegiatan akhir dalam pembelajaran tidak hanya diartikan sebagai kegiatan untuk menutup pelajaran, tetapi juga sebagai kegiatan penilaian hasil belajar siswa dan kegiatan tindak lanjut. Kegiatan tindak lanjut harus ditempuh berdasarkan pada proses dan hasil belajar siswa.
Secara umum kegiatan akhir dan tindak lanjut pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru di antaranya:
  1.  Menilai hasil proses belajar mengaja
  2.  Memberikan tugas/latihan yang dikerjakan di luar jam pelajaran.
  3. Memberikan motivasi dan bimbingan belajar.
  4. Menyampaikan alternatif kegiatan belajar yang dapat di lakukan siswa di luar jam pelajaran.
  5. Berdasarkan hasil penilaian belajar siswa, kemungkinan siswa harus diberikan program pembelajaran secara perorangan atau kelompok untuk melaksanakan program pengayaan dan atau perbaikan yang dilakukan di luar jam pelajaran.

Jadi, kegiatan akhir ini berisi tentang cara menutup pembelajaran yang dilakukan dengan cara menyimpulkan pembelajaran yang telah dipelajari.






DAFTAR PUSTAKA

Dalam jurnal : Dr. Toto Ruhimat, M.Pd. PROSEDUR PEMBELAJARAN . (online).



18 komentar:

  1. Menurut anda, bagaimana cara membuat proses pembelajaran menarik bagi siswa SD kelas rendah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita harus memadukan pembelajaran dengan permainan, dan guru tidak monoton dalam memberikan pelajaran kepada siswa

      Hapus
  2. Menurut anda apakah ketika guru lupa pada salah satu kegiatan belajar akan berdampak pada hasil belajar siswa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja, jika salah satu kegiatan tidak dilakukan, maka hasil belajar tidak sesuai dengan apa yang akan kita capai

      Hapus
  3. Bagaimana jika tidak ada kegiatan inti dalam proses pembelajaran

    BalasHapus
  4. Bagaimana cara menciptakan suasana kelas yg menarik??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita bisa belajar sambil bermain kepada anak dan menggunakan media pembelajaran yang menarik bagi anak

      Hapus
  5. Bagaimana cara guru membuat peserta didik agar termotivasi dalam mengikuti pembelajaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita harus menjelaskan apa pentingnya belajar bagi peserta didik dengan cara yang menarik

      Hapus
  6. Bagaimana cara / model anda mengajar supaya murid atau siswa dapat mencerna atau memahami dalam proses anda mengajar? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ada usia sekolah dasar, kita harus memadukan pembelajaran dengan permainan, agar anak tidak bosan, dan menggunakan media pembelajaran yang menarik agar anak dapat mudah memahami isi pelajaran

      Hapus
  7. seperti apa contoh memberikan komentar yg baik pada siswa yg mengalami kesalahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Sudah bagus ya karena sudah mau menjawab, disini ibuk akan sedikit meluruskan...." Seperti itu kira2

      Hapus
  8. bagai mana jika anak bosan dengan pembelajaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lakukan ice breaking beberapa saat agar anak tidak bosan

      Hapus
  9. Tahap yang mana paling penting dalam prosedur pembelajaran

    BalasHapus
  10. Tahap kedua, yaitu kegiatan inti.

    BalasHapus

PEMBELAJARAN EFEKTIF

A.   Perencanaan Pembelajaran yang Efektif             Secara garis besar perencanaan pengajaran mencakup kegiatan merumuskan tujuan, ap...