A.
Hakikat
dan Faktor-Faktor Dalam Pemilihan Metode Mengajar
1.
Hakikat
Metode Mengajar
Menurut Ahmadi : 1997 (dalam Rahmah
Johar & Latifah Hanum hl. 104), metode mengajar adalah suatu pengetahuan
tentang cara-cara mengajar yang dioergunakan oleh seorang guru atau instruktur.
Pengertian lain ialah teknik penyajian yang dikuasai guru untuk mengajar atau
menyajikan bahan pelajaran kepada anak didik dalam kelas, baik secara
individual atau secara kelompok/klasikal, agar pelajaran itu dapat diserap,
dipahami dan dimanfaatkan oleh anak didik dengan baik. Makin baik metode
mengajar, makin efektif pula pencapaian tujuan.
Jadi, metode mengajar adalah cara/teknik
yang digunakan guru dalam memberikan pengetahuan kepada peserta didik dengan
cara yang baik agar siswa paham dan mengerti tentang apa yang guru ajarkan.
2.
Faktor-Faktor
dalam Pemilihan Metode Mengajar
Dalam penyampaian pengajaran, guru harus
memilih metode yang tepat agar tujuan pembelajaran tercapai, terkadang guru
tidak tepat dalam memilih metode mengajar, akibatnya pengajaran kurang menarik
dan anak tidak bisa memahami apa yang guru ajarkan.
Menurut Surachmad : 1990 (dalam Rahmah
Johar dan Latifah Hanum hal. 108-111), menjelaskan bahwa pemilihan metode
dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu :
a)
Anak
Didik
Dari aspek psikologis, ada perbedaan
setiap anak didik. Di sekolah perilaku anak didik selalu menunjukkan perbedaan,
ada yang pendiam, ada yang kreatif, ada yang suka bicara, ada yang terutup, ada
yang terbuka, ada yang pemurung, ada yang periang dan sebagainya.
Jadi, dari perbedaan siswa dalam segala
aspek, guru harus memilih metode mengajar yang tepat bagi setiap siswa agar
tujuan pembelajaran tercapai sesuai dengan yang telah dirumuskan.
b)
Tujuan
Metode yang guru pilih harus sejalan
dengan taraf kemampuan yang hendak diisi kedalam diri setiap anak didik.
Artinya, metodelah yang harus tunduk kepada tujuan. Karena itu, kemampuan yang
ingin dicapai sesuai dengan tujuan, maka metode harus mendukung sepenuhnya.
c)
Situasi
Guru dapat menciptakan situasi kegiatan
belajar mengajar yang tidak sama dari hari ke hari. Guru memilih metode
mengajar sesuai dengan situasi yang diciptakannya.
Jadi, pemilihan metode mengajar yang
disesuaikan dengan situasi akan berjalan secara efektif dan efisien.
d)
Fasilitas
Fasilitas merupakan hal yang
mempengaruhi pemilihan metode mengajar. Fasilitas adalah kelengkapan yang
menunjang belajar anak didik di sekolah.
Jadi, kelengkapan fasilitas sekolah akan
membuat belajar mengajar semakin menarik dan anak tidak bosan.
e)
Guru
Latar belakang pendidikan guru
mempengaruhi kompetensi. Kurangnya penguasaan terhadap berbagai jenis metode,
menjadi kendala dalam memlih metode. Itulah yang dirasakan oleh guru yang
mempunyai latar belakang pendidikannya bukan pendidikan guru.
Jadi, semakin banyak pengalaman guru dalam
belajar maka ia akan dapat memilih banyak metode mengajar yang akan digunakan.
B.
Jenis-Jenis
Metode Mengajar
Dalam Rahmah Johar & Latifah Hanum (hal.
111-128), menjelaskan macam-macam metode mengajar secara global, yaitu :
1.
Metode
Ceramah (Preaching Method)
Menurut Syah : 2000 (dalam Rahmah Johar
& Latifah Hanum), metode ceramah yaitu sebuah metode mengajar dengan
menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa yang
pada umumnya mengikuti secara pasif. Metode ceramah dapat dikatakan sebagai
satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi, dan
paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai
dengan jangkauan daya beli dan paham siswa.
2.
Metode
Diskusi (Discussion Method)
Menurut
Ahmadi : 1997 (dalam Rahmah Johar & Latifah Hanum), menjelaskan bahwa
diskusi adalah kegiatan kelompok dalam memcahkan masalah untuk mengambil
kesimpulan. Diskusi tidak sama dengan berdebat, diskusi selalu diarahkan kepada
pemecahan masalah yang menimbulkan betbagai macam pendapat dan akhirnya diambil
suatu kesimpulan yang daoat diterima oleh anggota dalam kelompoknya.
3.
Metode
Demonstrasi (Demonstration Method)
Menurut Djamarah : 2002 (dalam Rahmah
Johar & Latifah Hanum), mengatakan bahwa demonstrasi adalah cara penyajian
bahan pelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada anak didik
suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari, baik
sebenarnya ataupun tiruan yang sering disertai dengan penjelasan lisan.
4.
Metode
Resitasi (Recitation Method)
Metode resitasi (penugasan) adalah
metode penyajian bahan dimana guru memberikan tugas tertentu agar anak didik
melakikan kegiatan belajar. Masalah tugas yang dilaksanakn oleh anak didik
dapat dilakukan didalam kelas, di halaman sekolah, di laboratorium, di
perpustakaan, di rumah, dimana saja asal tugas itu dapat dikerjakan.
5.
Metode
Eksperimen (Experimental Method)
Metode eksperimen (percobaan) adalah
cara penyajian pe;ajaran dimana anak didik melakukan percobaan dengan mengalami
dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari. Dalam metode ini siwa diberi
kesempatan untuk mengalami, mengamati suatu objek, menganalisi, membuktikan dan
menarik kesimpulan sendiri mengenaisuatu objek, keadaan suatu proses tertentu.
6.
Metode
Pemecahan Masalah (Problem Solving)
Metode pemecahan masalah bukan hanya
sekedar metode mengajar, tetapi juga merupakan suatu metode berpikir. Metode
ini telah mendorong anak didik untuk berpikir secara sistematik dengan
menghadapkannya pada problem-problem.
7.
Metode
Tanya Jawab
Metode Tanya jawab adalah cara penyajian
pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab tentang bahan pelajaran,
terutama dari guru kepada anak didik, tetapi dapat pula dari anak didik kepada
guru.
C.
Hubungan
Pengalaman Belajar dengan Metode Mengajar
Latar belakang pendidikan guru mempengaruhi
kompetensi. Kurangnya penguasaan terhadap berbagai jenis metode, menjadi
kendala dalam memlih metode. Itulah yang dirasakan oleh guru yang mempunyai
latar belakang pendidikannya bukan pendidikan guru, apalagi yang belum memiliki
pengalaman mengajar yang memadai. Sungguh pun begitu, baik guru yang berlatar
belakang pendidikan maupun yang bukan berlatar belakang pendidikan guru dan
sama-sama minim pengalaman mengajar dikelas, cenderung sukar memilih metode yang
tepat. Tetapi ada juga yang tepat memilihnya, namun dalam pelaksanaannya
menemui kendala, disebabkan labilnya kepribadian dan dangkalnya penguasaan atas
metode yang digunakan. Dengan demikian, dapat dipahami bahwa kepribadian, latar
belakang pendidikan, dan pengalaman mengajar adalah permasalahan intern guru
yang dapat mempengaruhi pemilihan metode mengajar.
DAFTAR
PUSTAKA
Rahmah Johar &
Latifah Hanum. Strategi Belajar Mengajar.
Google Books (Online).
Berikan contoh dari metode eksperimen?
BalasHapusBerikan penjelasan dari perbedaanpantar metode demonstrasi dan metode ceramah
BalasHapusSebutkan kekurangan dan kelebiahan dalam metode ceramah
BalasHapusSontava - Titanium Price Per ounce per ounce | TITAN HADOES
BalasHapusGold-Age-Grown-Tint-Binder › product-p › product-p titanium rings for women See all product prices for Sontava - Titanium, including prices, details on Sontava - 2014 ford focus titanium hatchback Titanium, titanium mens ring including ford edge titanium for sale pricing and products to buy, 출장안마