Rabu, 17 April 2019

Hakikat Media Pembelajaran


1. Hakikat, Fungsi, dan Peranan Media Pembelajaran
a.       Hakikat Media Pembelajaran
            Dalam M. Rudy Sumiharsono 2017 : 9, Menurut terminologinya, kata media berasal dari bahasa latin “Medium” yang artinya perantara, sedangkan dalam bahsa arab media berasal dari kata “Wasaaila” artinya pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan.

b.      Fungsi Media Pembelajaran
            Menurut R.M Soedarko (dalam M.Rudy Sumiharsono 2017: 11), media pembelajaran memiliki fungsi yaitu memvisualisasikan sesuatu yang tidak dapat dilihat atau sukar dilihat sehingga nampak jelas dan dapat menimbulkan pengertian atau meningkatkan persepsi seseorang. Akan tetapi, terdapat enam fungsi pokok media pembelajaran dalam proses belajar mengajar antara lain :
1)      Sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang eektif
2)      Merupakan bagian yang integral dari keseluruhan situasi mengajar
3)      Pengunaannya integral dengan tujuan da nisi pembelajaran
4)      Bukan sekedar alat hiburan atau bukan sekedar pelengkap
5)      Lebih diutamakan untuk untuk mempercepat proses mengajardan membantu siswa dalam menangkap pengertian yang diberikan guru
6)      Untuk mempertinggi mutu belajar mengajar

c.       Peranan Media Pembelajaran
            Dalam M.Rudy Sumiharsono 2017 : 10-11, pengunaan media pembelajaran antara lain :
1)      Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis
2)      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, tenaga dan daya indra
3)      Menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar
4)      Memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori dan kinestetiknya
5)      Memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama

2. Jenis dan Karakteristik Media Pembelajaran
a.       Jenis Media Pembelajaran
            Dalam Saifuddin (2018 : 132-133), media pembelajaran dikelompokkan menjadi 6, yaitu :
1)      Media Visual, berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber penerima pesan. Pesan yang akan disampakan dituangkan kedalam bentuk-bentuk visual. Selain itu fungsi media visual juga berungsi untuk ,menarik perhatian, memperjelas sajian ide, menggambarkan fakta yang mungkin dapat mudah untuk dicerna dandiingat jika disajikan dalam bentuk visual. Jenis-jenis media visual, antara lain gambar atau foto, sketsa , diagram, bagan, grafik, kartun,poster, peta atau globe,papan planel, dan papan bulletin
2)      Media Audio, adalah jenis media yang berhubungan dengan indera pendengaran.pesan yang akan disampaikan dituangkan pada lambing-lambang auditif. Jenis-jenis media audio antara lain radio dan alat perekam
3)      Media Proyeksi Diam, antara lain adalah film bingkai, film rangkai,OHP, opaque projector, mikrofis
4)      Media Proyeksi Gerak dan Audio Visual, antara lain film gerak, film gelang, program TV dan video
5)      Multimedia, menurut Vaughan, multimedaia adalah sembarang kombinasi yang terdiri atas teks , seni grafik, bunyi, animasi, dan video yang diterima oleh pengguna melalui komputer
6)      Benda, menurut Rachamawati,benda-benda ynag ada dalam alam sekitar dapat juga digunakan sebagai media pembelajaran , baik itu bendaasli ataupun benda tiruan

b.      Karakteristik Media Pembelajaran
            Menurut Gerlach dan Ely (dalam Nizwardi Jalinus dan Ambiyar 2016: 15), mengemukakan tiga karakteristik media berdasarkan petunjuk penggunaan media pembelajaran untuk mengantisipasi  kondidi pembelajaran dimana guru tidak mampu atau kurang efektif dapat melakukannya. Ketiga karakteristik atau ciri media pembelajaran tersebut menurut Arsyad (dalam Nizwardi Jalinus dan Ambiyar 2016: 15),) yaitu :
1)      Ciri Fiksatif, yang menggambarkan kemampuan media untuk merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekrontruksi suatu peristiwa atau objek
2)      Ciri Manipulatif, yaitu kemampuan media untuk mentransformasi suatu objek, kejadian atau proses dalam mengatas masalah ruang dan waktu
3)      Ciri Distributif, yang menggambarkan kemampuan media mengtransportasikan objek atau kejadian melalui ruang dan sedcara bersamaan kejadan tu disajikan kepada sejumlah besar siswa, di berbagai tempat, dengan stimulus pengalaman yang relative sama mengenai kejdian tersebut
3. Pemilihan, Penggunaan, Perawatan Media Pembelajaran Sederhana
a.       Pemilihan Media Pembelajaran Sederhana
            Dalam Nizwardi Jalinus dan Ambiyar (2016 :18), Kriteria umum yang perlu diperhatikan, diantaranya:
1)      Tujuan Pembelajaran
2)      Kesesuaian dengan Materi
3)      Karakteristik Siswa
4)      Gaya Belajar Siswa (auditi, visual, dan kinestetik)
5)      Lingkungan
6)      Ketersediaan Fasilitas Pendukung

b.      Penggunaan Media Pembelajaran Sederhana
c.       Perawatan Media Pembelajaran Sederhana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBELAJARAN EFEKTIF

A.   Perencanaan Pembelajaran yang Efektif             Secara garis besar perencanaan pengajaran mencakup kegiatan merumuskan tujuan, ap...