A.
Kegiatan Remedial
1. Pengertian
Remedial
Kegiatan remedial menurut Random
House Webster Dictionary (dalam Rahmah Johar), adalah intended to prove poor skill in specified field. Maksudnya,
remedial merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk memperbaiki keterampilan
yang kurang baik dalam suatu bidang tertentu. Remedial diartikan sebagai
pengobatan, penawaran, serta penyembuhan yang berhubungan dengan perbaikan
(Plus A. dan Dahlan al-Bahry dalam Trianto Ibnu Badar at-Taubany). Adapun
menurut Prayitno (dalam Trianto Ibnu Badar at-Taubany) remedial merupakan suatu
benuk bantuan yang diberikan kepada seseorang atau sekelompok siswa yang
menghadapi masalah belajar dengan maksud untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan
dalam proses dan hasil belajar mereka.
2. Bentuk-Bentuk
Kegiatan Remedial
a) Mengajarkan
kembali yaitu perbaikan dilaksanakan dengan jalan mengajarkan kembali bahan
yang sama kepada siswa yang memerlukan bantuan
b) Bimbingan
individu atau kelompok kecil
c) Menyuruh
siswa mempelajari bahan yang sama dari buku-buku pelajaran
d) Memberikan
pekerjaan rumah
e) Menggunakan
alat bantu audio-visual yang lebih banyak
f) Bimbingan
yang dilakukan oleh wali kelas, guru bidang studi, atau guru pembimbing. Bahkan
siswa yang berkemampuan tinggi dapat memberikan bimbingan kepada kawannya yang
berkemampuan rendah, melalui kegiatan yang disebut tutor sebaya.
3. Pelaksanaan
Kegiatan Remedial
a) Analisis
hasil diagnosis, untuk mengetahui siswa yang memerlukan bantuan. Kriteria yang
digunakan ditentukan oleh guru, misalnya siswa yang dianggap mengalami
kesulitan adalah siswa yang pencapaian hasil belajarnyakurang dari 80%
b) Menemukan
penyebab kesulitan, karena gejala kesulitan yang sama yang ditunjukkan oleh
siswa dapat ditimbulkan oleh sebab yang berbeda
c) Menyusun
rencana kegiatan remedial.
B.
Kegiatan Pengayaan
1. Pengertian
Pengayaan
Pengayaan adalah kegiatan yang
diberikan kepada siswa kelompok cepat agar mereka dapat mengembangkan
potensinya secara optimal dengan memanfaatkan sisa waktu yang dimilikinya.
2. Bentuk-Bentuk
Pengayaan
a) Memberikan
bacaan tambahan atau berdiskusi yang bertujuan memperluas wawasan bagi
kompetensi dasar tertentu
b) Memberikan
tugas untuk melakukan analisis gambar, model, grafik, bacaan, atau paragraf
c) Memberikan
soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan
d) Membantu
guru membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan (tutor sebaya)
e) Memberikan
permainan, masalah, atau kompetisi antar siswa
DAFTAR
PUSTAKA
Rahmah
Johar, Latifah Hanum. 2016. Strategi
Belajar Mengajar. Yogyakarta : CV Budi Utama.
Trianto
Ibnu Badar at-Taubany. 2017. Desain
Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah.
Depok
: PT Kharisma Putra Utama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar