Rabu, 15 Mei 2019

KEGIATAN REMEDI DAN PENGAYAAN


A. Kegiatan Remedial
1.      Pengertian Remedial
            Kegiatan remedial menurut Random House Webster Dictionary (dalam Rahmah Johar), adalah intended to prove poor skill in specified field. Maksudnya, remedial merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk memperbaiki keterampilan yang kurang baik dalam suatu bidang tertentu. Remedial diartikan sebagai pengobatan, penawaran, serta penyembuhan yang berhubungan dengan perbaikan (Plus A. dan Dahlan al-Bahry dalam Trianto Ibnu Badar at-Taubany). Adapun menurut Prayitno (dalam Trianto Ibnu Badar at-Taubany) remedial merupakan suatu benuk bantuan yang diberikan kepada seseorang atau sekelompok siswa yang menghadapi masalah belajar dengan maksud untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam proses dan hasil belajar mereka.

2.      Bentuk-Bentuk Kegiatan Remedial
a)      Mengajarkan kembali yaitu perbaikan dilaksanakan dengan jalan mengajarkan kembali bahan yang sama kepada siswa yang memerlukan bantuan
b)      Bimbingan individu atau kelompok kecil
c)      Menyuruh siswa mempelajari bahan yang sama dari buku-buku pelajaran
d)     Memberikan pekerjaan rumah
e)      Menggunakan alat bantu audio-visual yang lebih banyak
f)       Bimbingan yang dilakukan oleh wali kelas, guru bidang studi, atau guru pembimbing. Bahkan siswa yang berkemampuan tinggi dapat memberikan bimbingan kepada kawannya yang berkemampuan rendah, melalui kegiatan yang disebut tutor sebaya.

3.      Pelaksanaan Kegiatan Remedial
a)      Analisis hasil diagnosis, untuk mengetahui siswa yang memerlukan bantuan. Kriteria yang digunakan ditentukan oleh guru, misalnya siswa yang dianggap mengalami kesulitan adalah siswa yang pencapaian hasil belajarnyakurang dari 80%
b)      Menemukan penyebab kesulitan, karena gejala kesulitan yang sama yang ditunjukkan oleh siswa dapat ditimbulkan oleh sebab yang berbeda
c)      Menyusun rencana kegiatan remedial.

B. Kegiatan Pengayaan
1.      Pengertian Pengayaan
            Pengayaan adalah kegiatan yang diberikan kepada siswa kelompok cepat agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal dengan memanfaatkan sisa waktu yang dimilikinya.

2.      Bentuk-Bentuk Pengayaan
a)      Memberikan bacaan tambahan atau berdiskusi yang bertujuan memperluas wawasan bagi kompetensi dasar tertentu
b)      Memberikan tugas untuk melakukan analisis gambar, model, grafik, bacaan, atau paragraf
c)      Memberikan soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan
d)     Membantu guru membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan (tutor sebaya)
e)      Memberikan permainan, masalah, atau kompetisi antar siswa





DAFTAR PUSTAKA

Rahmah Johar, Latifah Hanum. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Trianto Ibnu Badar at-Taubany. 2017. Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah.
            Depok : PT Kharisma Putra Utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBELAJARAN EFEKTIF

A.   Perencanaan Pembelajaran yang Efektif             Secara garis besar perencanaan pengajaran mencakup kegiatan merumuskan tujuan, ap...