1.
Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
Membuka
pelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan guru untuk menciptakan
kesiapan mental dan menarik perhatian peserta didik secara optimal, agar mereka
memusatkan diri sepenuhnya pada pelajaran yang akan disajikan. Menutup
pembelajaran pada setiap akhir pembelajaran. Dalam perencanaan waktu
pembelajaran, seorang guru harus menyiapkan waktu khusus. Waktu khusus ini
dihitung mulai pengambilan kesimpulan materi belajar/ringkasan akhir/post test.
Agar kegiatan membuka dan menutup
pelajaran dapat dilakukan secara efektif dan berhasil guna perlu diperhatikan
komponen-komponen yang terkait didalamnya, meliputi :
a) Menarik minat peserta didik
b) Membangkitkan
motivasi
c) Memberi
acuan
d) Membuat
kaitan
2.
Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
Diskusi kelompok kecil merupakan
salah satu bentuk kegiatan pembelajaran yang sering digunakan. Diskusi kelompok
kecil memiliki karakteristik, yaitu :
a) Melibatkan
sekitar tiga sampai lima orang peserta dalam setiap kelompok.
b) Berlangsung
secara informal. Sehingga setiap anggota dapat berkomunikasi langsung dengan
anggota lain.
c) Memiliki
tujuan yang dicapai dengan kerjasama antar anggota kelompok.
d) Berlangsung
secara sistematis.
Beberapa hal yang perlu disiapkan
guru, agar diskusi kelompok kecil dapat digunakan secara efektifdalam
pembelajaranadalah :
a) Topik
yang sesuai.
b) Pembentukan
kelompok secara tepat.
c) Pengaturan
tempat duduk yang memungkinkan semua peserta didik dapat berpartisipasi secara
aktif.
3.
Keterampilan Mengelola Kelas
Pengelolaan kelas merupakan
keterampilan guru untuk menciptakan pembelajaran yang kondusif, dan
mengendalikannya jika terjadi gangguan dalam pembelajaran. Beberapa prinsip
yang harus diperhatikan dalam pengelolaan kelas adalah :
a) Kehangatan
dan keantusiasan
b) Tantangan
c) Bervariasi
d) Luwes
e) Penekanan
pada hal-hal positif
f) Penanaman
disiplin diri
4.
Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan
Pelajaran kelompok kecil dan
perorangan merupakan suatu bentuk pembelajaran yang memungkinkan guru
memberikan perhatian terhadap setiap peserta didik, dan menjadi hubungan yang
lebih akrab antara guru dengan peserta didik maupun antara peserta didik dengan
peserta didik. keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dapat
dilakukan dengan :
a) Mengembangkan
keterampilan dalam pengorganisasian, dengan memberikan motivasi dan membuat
variasi dalam pemberian tugas
b) Membimbing
dan memudahkan belajar, yang mencakup penguatan, proses awal, dan interaksi
pembelajaran
c) Perencanaan
penggunaan ruangan
d) Pemberian
tugas yang jelas, menantang dan menarik.
DAFTAR PUSTAKA
Izzan,
Ahmad., dkk. Membangun Guru Berkarakter.
Bandung : Perpustakaan Nasional Katalog Dalam
Terbitan ( KDT).
P.
Ratu Ile Tokan. 2016. Sumber Kecerdasan
Manusia (Human Quotient Resource). Jakarta : PT. Grasindo, Anggota IKAPI.
btw, saya salfok ke background poto ayang Taehyung kak :)
BalasHapusterpantau anda army wkwk. but, thank you blognya membantu saya untuk mengerjakan tugas kuliah hehe.
salam borahe. #JJK1
Wahhh terimakasih kak atas sudah menggunakan blog saya untuk tugas kuliah kakak. Senang bisa membantu kakak :) salam borahae kak, bias aku taehyung btw😍
Hapus